Senin, 25 Juni 2012

Siapakah Calon Walikota 2012


Ada 3 calon walikota dan wakil walikota yang siap bertarung memperebutkan simpati masyarakat. Diantaranya adalah Drs. H. Syarif Hidayat, MSi, Ir.H. Cecep Bagja Gunawan, SH.S.Sos, MSi, Drs. H. Budi Budiman, Ir. H. Dede Sudrajat, MP, Mumung Marthasasmita, dan Taufik Faturochman. yang pertama disebut jelas masyarakat tahu betul karena beliau adalah Walikota Tasikmalaya saat ini dan Wakilnya Ir. H. Dede Sudrajat, MP. Namun itupun hanya tahu sebatas Walikota Dan Wakil Walikota, mengenai pendidikannya, karirnya, keluarganya dan yang lainya saya tidak tahu, apalagi calon yang lainnya. Makanya mereka sekarang (bln April 2012) sedang sibuk menghadiri berbagai macam acara disana sini untuk tebar pesona.

Sebagai warga Tasikmalaya yang punya hak pilih, saya pun ingin tahu profil mereka makanya saya tanya aja ke Mbah Google. Eh, si Mbah cuma tahunya Drs. H. Syarif Hidayat, MSi, Drs. H. Budi Budiman, dan Ir. H. Dede Sudrajat, MP. Yang lainnya katanya gak tahu, dan inilah profil mereka.

Drs. H. Syarif Hidayat, MSi  (CALON WALIKOTA) - Ir.H. Cecep Bagja Gunawan, SH.S.Sos, MSi (CALON WAKIL WALIKOTA)

Nama Lengkap : Drs. H. Syarif Hidayat, MSi
Tempat/ Tgl Lahir : Tasikmalaya/ 11 September 1944
Agama : Islam
Istri : Hj. Roosje Ratulangi
Alamat Rumah : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 238 Tasikmalaya
Alamat Kantor : Jl. Letnan Harun No. 1 Tasikmalaya

I. RIWAYAT PENDIDIKAN

SD Mangkubumi I, Lulus Tahun 1957
SMPN 2 Tasikmalaya, Lulus Tahun 1960
SPR Bandung, Lulus Tahun 1963
Akademi Perawat Bandung, Lulus Tahun 1976
Administrasi Negara STIA Tasikmalaya, Lulus Tahun 1986
Magister Administrasi Negara STISIP Garut, Lulus Tahun 1998
II. RIWAYAT PEKERJAAN

Kepala Bagian Penyakit Dalam RS. Fatmawati Jakarta, Tahun 1963 – 1964
Kepala Sal Penyakit Dalam RS. Persahabatan Indonesia-Rusia Rawamangun, Tahun 1964 – 1965
Kepala Balai Pengobatan Sukahening, Tahun 1965 – 1967
Kepala Balai Pengobatan Pagerageung, Tahun 1967 – 1973
Kepala Balai Kesehatan/ Puskesmas Manonjaya, Tahun 1973 – 1976
Kepala Puskesmas Kawalu, Tahun 1976 – 1980
Kepala Puskesmas Tawang, Tahun 1980 – 1982
Kepala Seksi Penyuluhan DKK Kab. Tasikmalaya, Tahun 1982 – 1997
Direktur Akademi Perawat Muhammadiyah, Tahun 1997 – 1999
Kepala Balai Khitan Melati, Tahun 1982 – 2007
Kepala Koperasi Kesehatan Kab/ Kota Tasikmalaya, Tahun 1985 – 2007
Dosen STIA Tasikmalaya, Tahun 1985 – 2007
Sekretaris Yarsi Tasikmalaya, Tahun 1996 – 2007
Anggota DPRD Kota Tasikmalaya, Tahun 2002 – 2003
Wakil Walikota Tasikmalaya, Tahun 2003 – 2007
Walikota Tasikmalaya, Tahun 2007 – Sekarang
III. PENGALAMAN ORGANISASI

Ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya, Tahun 1999 – 2000
Ketua DPD PAN Kota Tasikmalaya, Tahun 2002 – 2006
Ketua LHM Jawa Barat 1990 – Sekarang
Ketua Yafakin, Tahun 1990 – 2006
Ketua Dewan Pertimbangan PPNI Jawa Barat, Tahun 2004 – Sekarang
PII, Tahun 1967 – 1969
sumber : http://id-id.facebook.com/notes/khastasikmalaya/profil-walikota-tasikmalaya/244242388939380


Nama lengkap : H. Cecep Bagja gunawan, SH, S.Sos, Mh, M.Si
Tempat & tgl lahir : Cianjur, !4 Februari 1957
Alamat : Jl. Letda Sule No. 3 Kel. Kotabaru, Kec. Cibeureum Kota Tasikmalaya
Pekerjaan : Kepala Badan Pertanahan Nasional Kab. Tasikmalaya

I. KELUARGA

Isteri      : Hj. Enung Nasihah
Anak      : (1) Hj. Indri Sri Mulyati, SH, M.Kn (2) H. Budi Hermawan, SH, M.Si (3) Hendri Mulyadi, SH
II. RIWAYAT PENDIDIKAN

SD lulus tahun 1970 di Cianjur
SMP lulus tahun 1973 di Cianjur
SMA IPA lulus tahun 1976 di Cianjur
S.1 Hukum Perdata lulus tahun 1986 di Bandung
S.1 Administrasi Negara lulus tahun 1995 di Garut
S.2  Administrasi Negara lulus tahun 2000 di Garut
S.2 Ilmu Hukum lulus 2009 di Jakarta
III. RIWAYAT JABATAN

Kasubsi Pengukuran, Pemetaan & Konversi. Kantor Pertanahan Kab. Ciamis, tahun 1990-1995
Kasubsi Peralihan Hak, Pembebasan Hak dan PPAT. Kantor Pertanahan Bogor, tahun 1995-1997
Kepala Seksi Pengukuran & Pendaftaran. Kantor Pertanahan Kota Cirebon, tahun 1997-2000
Kepala Seksi Pengukuran & Pendaftaran. Kantor Pertanahan Kab. Cirebon, tahun 2000-2001
Kepala Kantor Pertanahan Kab. Cirebon, tahun 2001-2006
Kepala Kantor Pertanahan Kab. Bekasi, tahun 2006-2008
Kepala Kantor Pertanahan Kota Jakarta Utara, tahun 2008-2011
Kepala Kantor Pertanahan Kab. Tasikmalaya, tahun 2011 sampai sekarang
IV. KARIR SOSIAL

Pengurus PB Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Pengelolaan Aset
Pemilik Yayasan AL-AMANAH
Pimpinan Majlis Ta’lim AL-AMANAH
Penyelengara pengajian rutin Mingguan dan Bulanan dengan Da’i terkemuka
Memberangkatkan Umroh 12 Ajengan tajug di lingkungan sekitar tempat tinggal, sejak tahun 2009
Mendirikan Perguruan Tinggi STAIMA, membuka 4 program studi


Drs. H. Budi Budiman (CALON WALIKOTA) – Ir. H. Dede Sudrajat, MP (CALON WAKIL WALIKOTA)

BIOGRAFI

Drs. H. Budi Budiman (lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 27 April 1965) adalah seorang Pengusaha yang handal dan teruji sepanjang kariernya yang cemerlang. Alumnus FKIP Universitas Siliwangi Tasikmalaya ini memulai karier pengabdiannya sebagai Guru di SMA Negeri 1 Tasikmalaya sejak tahun 1989 hingga akhirnya profesi ini harus dia lepaskan karena kesibukannya mengelola usaha dan perusahaan yang diamanahkan kepadanya di tahun 1995. Jiwa pendidik ini yang melekat dalam gaya kesehariannya yang bersahaya, santun dan kebapakan. Walau harus bergelut dalam eksotisnya dunia usaha dan oportunisnya dunia politik.

Suami dari Dra. Hj. Eti Atiah ini memang dikenal ulet dan memiliki komitmen yang tinggi dalam bekerja, pantang menyerah, memiliki visi jauh kedepan dan pola kepemimpinan yang demokratis. Sehingga dengan itu semua Budi Budiman berhasil dan dipercaya memimpin dan menggerakkan puluhan perusahaan dan memimpin beberapa organisasi profesi, sosial kemasyarakatan dan keagamaan.

Bapak dari empat putri dan dua putra ini adalah sosok ayah yang penuh perhatian kepada keluarga dalam membimbing dan membina keluarga yang tergolong besar menjadi keluarga yang solid dan harmonis,sakinah mawaddah warahmah dan menjadikannya sebagai fondasi spirit perjuangan dan pengabdian hidup di masyarakat Kota Tasikmalaya. Keluarga baginya adalah inspirasi dan motivasi dari perjuangan dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Kota Tasikmalaya, dan penghibur dikala kejenuhan dan kendala menimpa gerak langkahnya.

Karier usaha Budi Budiman dimulai sebagai Pengusaha Angkot, pernah juga menjadi Pedagang Beras selanjutnya dipercaya memegang dealer Suzuki di Tasikmalaya hingga kemudian dipercaya memegang kendali atas beberapa perusahan di bawah Group Mayasari. Di tangan dinginnya perusahan-perusahan tersebut mengalami perkembangan yang signifikan. Budi Budiman dikenal sebagai entrepreneur yang sukses dan sekaligus sebagai intrapreneur yang efektif. Kini usahanyapun berkembang ke berbagai sektor Otomotif, properti dan konstruksi diantaranya.

Disamping kesibukannya sebagai Pebisnis dan Eksekutif di beberapa perusahan, Budi Budiman bergiat dalam berbagai organisasi profesi, sosial dan keagamaan. Diantaranya Organda Tasikmalaya, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), BAZ Kota Tasikmalaya, Panitia Pembangunan Masjid Agung Kabupaten Tasikmalaya dan lain sebagainya. Dalam pandangannya, aktivitas sosial kemasyarakatan tersebut merupakan tuntutan dan pemenuhan kewajiban atas kepeduliannya terhadap masyarakat dan umat.

Di bidang pendidikan Budi Budiman berkiprah sebagai ketua Yayasan Islam Bojong yang mengelola beberapa lembaga formal dan informal, Lembaga Pendidikan LP3I Tasikmalaya yang dibawah pengelolaannya berkembang pesat menjadi salah satu Lembaga Pendidikan yang sangat diminati masyarakat, sehingga beliau di tasbihkan sebagai pengelola LP3I terbaik Se-Indonesia pada tahun 2010 yang lalu. Tahun yang sama pula Budi Budiman mendirikan dan mengetuai STT YBSI Tasikmalaya. Ini merupakan cerminan dari kepeduliannya meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka mendidik anak bangsa yang bekualitas dan mandiri.

Sedangkan di bidang keummatan dan keagamaan, beliau bergiat dalam permasalahan pengelolaan zakat dan memasyarakatkan sistem ekonomi syariah yang peluangnya masih sangat terbuka untuk dapat bersanding dengan sistem ekonomi konvensional. Hal itu dilakukan dengan aktif di Mayarakat Ekonomi Syariah Kota Tasikmalaya, menjadi Komisaris di BPRS sebagai implementasi dari sistem keuangan syariah serta membuat program mayasari peduli jompo yang bekerjasama dengan BAZ Kota Tasikmalaya. Disisi spiritual keagamaan Budi mendirikan Masjid Attiyah dan mengadakan berbagai kegiatan di dalamnya. Peraih penghargaan Honoris Police ini, telah berhasil menyelesaikan proyek

Pembangunan berbagai tempat yang menjadi icon dan landmark Kota Tasikmalaya, seperti Masjid Agung Tasikmalaya, Pasar Cikurubuk, Bale Kota, dan Mayasari Plaza.

Budi Budiman memulai karier politiknya dengan menjadi pengurus DPC PPP Kota Tasikmalaya. Pada Pemilukada 2007 , Budi menjadi Calon walikota yang berpasangan dengan dr. Wahyu Sumawijaya dari Partai Demokrat untuk Wakil Walikotanya. Moment pemilu 2007 meskipun belum terpilih menjadi Walikota, tapi ini merupakan tanda bahwa Budi Budiman adalah sosok yang diterima oleh masyarakat untuk memimpin Kota Tasikmalaya ke depan yang dibuktikan dengan perolehan suaranya yang signifikan.

Tahun 2010 Budi Budiman terpilih pada musyawarah cabang sebagai Ketua DPC PPP Kota Tasikmalaya periode tahun 2010– 2015. Setahun kemudian Budi dipilih dan di tetapkan oleh Partai berlambang ka’bah tersebut menjadi bakal Calon walikota satu-satunya untuk Pemilukada 2012. Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Tasikmalaya, Drs. Otong Koswara MSi memberikan komentar seputar pencalonan Ketua DPC PPP Drs H Budi Budiman yang akan maju dalam pemilihan wali kota Tasikmalaya 2012.

Munculnya Budi yang menjadi calon tunggal dari PPP merupakan hal yang bersejarah. Karena sebelumnya, di PPP Tasikmalaya, setiap ketua PPP jarang langsung dicalonkan jadi wali kota. ”Ini membuktikan bahwa ketua saat ini (Budi Budiman) sangat proporsional sebagai kader terbaik. Dengan diusungnya H Budi menjadi calon tunggal dari PPP, merupakan preseden positif bagi partai, bahwa ketua partai itu betul-betul diperlakukan sebagai kader terbaik yang layak dipilih dan didukung untuk maju menjadi calon pemimpin daerah. ”Jangan seperti tahun-tahun sebelumnya, ketua partai jarang dicalonkan dan malah mencalonkan fungsionaris partai, ini kan aneh. Nah sekarang H Budi nyalon, jadi sejarah, karena seorang ketua DPC. Saya sepakat kalau H Budi maju jadi wali kota,” tandasnya.

Menjadi calon wali kota bagi H Budi Budiman, bukanlah karena keinginan berkuasa semata, tapi bagi pemilik postur tegap dan tampan ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan, pertama kapasitasnya sebagai Ketua DPC PPP Kota Tasikmalaya yang telah mendapat rekomendasi dari DPW PPP Jawa Barat, Kedua amanah dari agama agar dalam hidupnya mampu memberikan kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi ummat dan bangsa, dan yang ketiga merupakan amanah dari masyarakat Kota Tasikmalaya yang pernah memilihnya pada pemilukada tahun 2007 yang lalu. Hal ini juga ditopang dengan kesiapannya dalam mewujudkan visi serta misinya yang lebih menitik beratkan keberpihakannya kepada rakyat.

Visi yang menekankan kepada capaian peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dituangkan kedalam strategi ekonomi yang logis dan sistematis akan menjadi harapan baru bagi masyarakat kota Tasikmalaya dalam melakukan akselerasi kemajuan di bidang ekonomi dengan penguatan infrastruktur yang menopang aliran investasi dari luar. Pembangunan lapangan terbang komersial, prasarana jalan yang layak serta kebijakan ekonomi yang berfihak pada UKM dan industri masyarakat lainnya akan menjadi contoh prioritas dalam kebijakan pemerintahannya.

Profil

Nama lengkap    : Drs. H. Budi Budiman

Lahir      : Tasikmalaya, 27 April 1965

Agama   : Islam

Isteri      : Dra. Hj. Eti Atiah

Anak       : (1) Selvia Neilil Kamaliah (21 th), (2) Desi Aprianti (19 th), (3) Dila Nafisah (17), (3) Ilham Sanaul Pata (15 th), (4) Muhammad Naufal Ramadhan (11 th), (5) Tasya Tazkia (9 th)

I. PENDIDIKAN

SD Negeri Galunggung I Kota Tasikmalaya. tahun 1976
SMP Negeri I Kota Tasikmalaya, tahun 1980
SMAN 2 Kota Tasikmalaya, tahun 1983
Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya, Sarjana Pendidikan FKIP – Matematika, tahun 1988
II. RIWAYAT PEKERJAAN

Ketua Pengurus Harian STT YBSI Kota Tasikmalaya, 2010-sekarang
Pimpinan Maya Taxi Kota Tasikmalaya, 2007-sekarang
Executive Director MAYASARI PLAZA Kota Tasikmalaya, 2006-sekarang
Komisaris BANK Syariah BPRS Al-Wadi’ah di Kota Tasikmalaya, 2006-sekarang
Pengelola Lembaga Pendidikan LP3I Kota Tasikmalaya, 2002-sekarang
Wakil Direktur P.O. Doa Ibu Kota Tasikmalaya, 1999-sekarang
General Manager PT. Mayagraha Perdana Jaya, Panitia Pelaksana Pembangunan Pasar Induk Cikurubuk Kota Tasikmalaya, 1996-sekarang
Direktur PT. Cakra Putra Parahyangan / Cakra Motor, (Dealer SUZUKI di Kota Tasikmalaya), 1993-sekarang
Pengusaha Angkutan Kota Tasikmalaya, 1990-sekarang
Guru di SMAN 1 Kota Tasikmalaya, 1989-1995
III. PENGALAMAN ORGANISASI

Ketua DPC PPP Kota Tasikmalaya, 2010 – 2015
Panita Pelaksana Pembangunan Masjid Agung Kota Tasikmalaya, 2000 – 2002
Panita Pelaksana Pembangunan Masjid Agung Kabupaten Tasikmalaya, 2009 – sekarang
Pengurus BAZ Kota Tasikmalaya, 2009 – sekarang
Calon Walikota pada Pemilukada Kota Tasikmalaya Tahun 2007
Ketua Yayasan Islam Bojong Kota Tasikmalaya, 2006 – sekarang
Pengurus MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) Kota Tasikmalaya, 2006 – sekarang
Pendiri Masjid Attiyah Rajapolah Tasikmalaya, 2004
Pengurus ORGANDA Kota Tasikmalaya, 2003 – sekarang
Penghargaan

Pengelola LP3I terbaik Se-Indonesia (2010)
Honoris Police
sumber : http://budibudiman.com/

Nama lengkap : Ir. H. Dede Sudrajat, MP.

Tempat & tgl lahir : Tasikmalaya, 23 Maret 1963

Alamat rumah : Jl. Ir. H. Juanda No 31 Rt.03/06 Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya

Agama : Islam

Istri : Dra. Hj. Iyan Rohmulyana

I. PENDIDIKAN

Sekolah Dasar : SDN 1 Gunungtanjung. Tahun 1976 Berijazah
SLTP : SMP Gunungtanjung. Tahun 1979 Berijazah
SLTA : SMA Islam Cipasung. Tahun 1983 Berijazah
S1 : Universitas Siliwangi – Fak. Pertanian Berijazah
S2 : Universitas Siliwangi – Magister PertanianBerijazah
II. PENGALAMAN ORGANISASI

Ketua Osis Dan Pramuka SLTP
Ketua Osis Dan Pramuka SLTA
Anggota IKA Alumni Fakultas Pertanian Unsil
Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Unsil
Anggota Jema’ah Pengajian Pesantren Mani’is Gunung Tanjung
Ketua IPHI Kec Gunung Tanjung
Bendahara Komite Sekolah Kec. Manonjaya
Penasehat/Pembina SMK Plus Al-Hasanah Kab Tasikmalaya
MPC PPP Kecamatan Gunung Tanjung (Tahun 2002-2004)
Pengurus Harian DPC PPP Kab. Tasikmalaya (Tahun 2004-2007)
Pencalonan Legislatif 2004 Kab, Tasikmalaya Dari Dapil 4-PPP Dengan Raihan Suara Terbanyak Se Jawa Barat dengan perolehan 12.500 (dua belas ribu lima ratus ) suara
Wakil Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah DPW PPP Jawa Barat (2011-sekarang)
Wakil Walikota Tasikmalaya (2007-2012 )
Ketua TKPKD Kota Tasikmalaya
Ketua Komda Lansia Kota Tasikmalaya
Ketua BNK Kota Tasikmalaya
Ketua Kominda Kota Tasikmalaya
Ketua Umum DKM Mesjid Agung Kota Tasikmalaya
Penasehat Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kota Tasikmalaya
Ketua Persikotas Kota Tasikmalaya
Ketua Komite Sepeda Indonesia (KSI) Kota Tasikmalaya
Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Tasikmalaya
Mustasyar NU Kota Tasikmalaya
Sumber : http://dedesudrajat.com

Mumung Marthasasmita (CALON WALIKOTA) – Taufik Faturochman (CALON WAKIL WALIKOTA)


Nama : Ir. H. Mumung Marthasasmita, MM
Tempat dan tanggal lahir : Tasikmalaya, 20 September 1950
Agama : Islam
Nomor Induk Pegawai : 130 805 867 (19500920 197903 1 002)
Pangkat/Golongan : Pembina Tk I / Gol IV b / Lektor
Jabatan : Dosen Kopertis Wilayah 3 DPK pada UHAMKA Jakarta
Alamat Kantor : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka/ UHAMKA
Jl. Limau II Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Alamat tempat tinggal : Jl. Kuning Langsat no. 19 Kelapa Gading Jakut Tlp. (021) 4521220

Keluarga :
a. Isteri : Dra. Hj. Tien Hartini, MM (Alm), Tasikmalaya, 11 April 1955.
b. Anak :
1) Bayu Muhammad Firdaus, Jakarta 10 Maret 1986.
2) Awan Ismail Jannah, Jakarta 06 Juli 1987.
3) Mega Raudhatin Jannah, Jakarta 25 Juni 1995.

Pendidikan :
a. SD Tahun 1962.
b. SMP Tahun 1965.
c. SMA Tahun 1968.
d. Sarjana I (Unibraw) Tahun 1978.
e. Sarjana II (Magister Manajemen) Tahun 1999.
f. Candidat Doktor Univ. Borobudur Jakarta.


Kursus/Latihan yang telah diikuti
a. Penataran Orientasi Ketahanan Nasional Tahun 1975.
b. Kursus Kader Pimpinan (Suskapin) Tahun 1976.
c. Penataran P-4 Tahun 1979.
d. International Muddle Management Tahun 1983.
e. Penataran Peningkatan Keterampilan Teknis Perlengkapan Tahun 1985.
f. Manajemen Skiils Training Australia Tahun 1983.
g. SEPADYA Tahun 1991.
h. Penyegaran P-4 Tahun 1996.
i. SEPAMEN Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tahun 1997.
j. Pelatihan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Tahun 2006.
k. Pelatihan Audit Mutu Akademis Internal (AMAI) Tahun 2007.


Riwayat Kepangkatan :
a. Penata Muda / Gol IIIa Tahun 1980.
b. Penata Muda Tingkat I / Gol IIIb Tahun 1983.
c. Penata / Gol IIIc Tahun 1986.
d. Penata Tingkat I / Gol IIId Tahun 1990.
e. Pembina / Gol IVa Tahun 1994.
f. Pembina Tingkat I / Gol IVb Tahun 1998.
g. Lektor Tahun 2005.


Riwayat Jabatan :
a. Kasubag Alat Teknis Pendidikan Tinggi Bagian Pengadaan Perlengkapan Dikti Biro Perlengkapan Depdiknas Tahun 1984.
b. Kasubag Inventarisasi Bagian Inventarisasi dan Penghapusan Biro Perleng-kapan Depdiknas Tahun 1988.
c. Kepala Bag Penyimpanan & Pemeliharaan Biro Perlengkapan Depdiknas Tahun 1993.
d. Direktur Produksi PT Balai Pustaka (Persero) tahun 1998.
e. Dosen pada Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA sejak tahun 2005 sampai sekarang.


Penghargaan/Tanda Jasa yang diperoleh :
Satya Lencana 15 Tahun Depdiknas.


Riwayat Hidup :


a. Tahun 1971 s.d 1977.
1) Tercatat sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.
2) Sebagai aktifis pada Sekretaris Jenderal Dewan Mahasiswa, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa, dan Komandan Resimen Mahasiswa Unibraw serta Ass. Operasi Resimen Mahasiswa Jawa Timur.
3) Sebagai Resimen Mahasiswa, telah dikirim ke Timur Tengah bersama Garuda VIII, Angkatan Pertama.
4) Aktif dalam koordinasi dengan Instansi Pemerintah baik Sipil maupun Militer (PemdaTingkat I dan II, Kodam/Korem/Kodim, Kapolda/Kapolresta/Kapol-res, Pangkalan Udara Abdurahman Saleh Malang) dalam kegiatan pem-binaan Mahasiswa.
b. Tahun 1978 (November) : melamar pada kantor Menteri Muda Urusan Pemuda.
c. Tahun 1979 (Maret) : diangkat sebagai PNS Gol III / a (80 %) yang ditempatkan pada Sekretariat Kantor Menteri Muda Urusan Pemuda.
d. Tahun 1980 (Juni) : diangkat sebagai PNS penuh (100%) pada Biro TU Kantor Menteri Muda Urusan Pemuda.


e. Tahun 1974 s.d 1984 : Diangkat sebagai Kepala Sekretariat Satuan Pengen-dali Pembinaan dan Pengambangan Kepemudaan, dengan tugas :
1) Koordinator Program Lintas Sektoral Pembinaan dan Pengembangan Kepemudaan pada 11 Departemen (23 Direktrorat Jenderal).
2) Anggota Tim Program ABRI Masuk Desa, mewakili Kantor Menteri Muda Urusan Pemuda.
3) Sekretaris Tim Teknis Pembangunan Asrama Mahasiswa berdasarkan Inpres No. 40 Tahun 1980 di 5 Perguruan Tinggi (Unibraw, UNS, Unsyiah, USU, dan Unhas).

f. Tahun 1984 s.d 1998 :
Mendudiki jabatan dari Eselon IV s.d III pada Biro Perlengkapan Depdikbud.
1) Aktif sebagai penatar tingkat nasional dalam penyelenggaran pengadaan barang dan jasa pemerintah, juga sebagai penatar dalam pelatihan bidang kepemudaan dan pendidikan.
2) Pembawa makalah dalam berbagai seminar pendidikan, antara lain bidang:
- Kenakalan Remaja.
- Pendidikan Usia Dini.
- Pembinaan Kepemudaan.
- Pendidikan Keterampilan Pemuda.
- Pembinaan Kewirausahaan.
- Program Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

g. Tahun 1998 s.d 2005 : sebagai Direktur Produksi PT. Balai Pustaka (PERSERO).

h. Tahun 2005 s.d sekarang : sebagai Dosen pada Kopertis Wil. III Jakarta diperuntukan pada Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. UHAMKA.
1) Sebagai Dosen.
2) Penanggung Jawab Penjaminan Mutu UHAMKA.


sumber: http://tasikmufakat.com/profil1.html


N a m a : Drs. H. Taufik Faturohman
Tempat dan tanggal lahir : Pagerageung, 10 Mei 1959
Alamat : Komplek Puri Lembang Asri No. 8, Kelurahan Argasari, Kec. Cihideung Kota Tasikmalaya
Agama : Islam

Pekerjaan :
1. Direktur Penerbit CV Geger Sunten
2. Pimpinan Desa Budaya (Wisma & Padepokan Seni) Bumi Ageung Tasikmalaya
3. Direktur Utama PT Rasjid Tour & Travel (Jasa Pelayanan Haji dan Umroh)
4. Seniman/penulis

Status : Menikah (seorang istri, enam anak)
Isteri : Dra. Hj. Cicih Sundarsih, M.Si. (Pengawas Disdik KBB)

Anak :
1. Cita Weningtyas, S.Sos. (Wiraswasta)
2. Ginulur Nugraha (Wiraswasta)
3. Refika Noviyanti (Wiraswasta)
4. Wening Gemi Nastiti, B.Des (Alumnus/Staf Universitas Limkokwing Malaysia)
5. Amransyah (Wiraswasta)
6. Nugraha Aulia (Siswa SMA)

Pendidikan :
1. SD Negeri 2 Pagerageung (lulus 1971)
2. SMP Negeri Pagerageung (lulus 1974)
3. SMA Negeri 2 Tasikmalaya (lulus 1977)
4. Jurusan Bahasa Sunda FPBS IKIP Bandung (lulus 1984)

Pengalaman kerja :
1. Wartawan/Redaksi koran “Sipatahunan” (1978 - 1981)
2. Wartawan/Redaksi majalah “Mangle” (1981 - 1988)
3. Guru bahasa Sunda di SD Yahya, SMP Pasundan VI, dan SMA St. Angela
(semuanya di Bandung, 1978 - 1984)
4. Dosen Kebudayaan Sunda di STIE Pasundan Bandung (1983 - 1986)
5. Pimpinan Harian PT Kharisma Grafika (1987 - 1990)
6. Pimpinan Redaksi majalah “Cakakak” (1988 - 1989)
7. Pimpinan/pemilik penerbit dan percetakan CV Geger Sunten (1984 - sekarang)
8. Pimpinan/pemilik Desa Budaya (Wisma & Padepokan Seni) Bumi Ageung (1990- sekarang)
9. Pemain Sinetron “Inohong di Bojongrangkong” (2001 - 2002)
10. Penyiar “Heureuy Bandung” RRI Studio Bandung (1999 - 2002)
11. Penyiar “Panglipur Kalbu” Radio Mora (2003 - sekarang)
12. Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Kompetisi Liga Bank Mandiri IX (2003)
13. Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Kompetisi Liga Bank Mandiri XI (2005)
14. Penyiar “Kokok Pagi” I-Radio (2007 - sekarang)
15. Host “Heureuy Bandung” MQTV (2007 - sekarang)
16. Penulis tetap rubrik “Mang Ohle” Pikiran Rakyat (2006 - sekarang)
17. Direktur Utama PT Rasjid Tour & Travel (2008 - sekarang)
18. Host “Saha Eta” Bandung TV (2012)
19. Bintang Tamu Tetap “Kalawarta” TVRI Jabar (2012 - sekarang)
20. Bintang Tamu “Panglipur Kalbu” Radio Purnama Tasikmalaya (2012 - sekarang)
21. Pengisi Acara Stand Up Comedy di Metro TV dan SCTV
22. Pengisi Acara Hiburan (Sulap) di Trans 7

Pengalaman organisasi :
1. Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Sunda FPBS IKIP Bandung (1978 - 1979)
2. Ketua Umum Senat Mahasiswa FPBS IKIP Bandung (1981 - 1982)
3. Ketua Ikatan Alumni Jurusan Bahasa Sunda FPBS UPI (2000 - sekarang)
4. Bendahara Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS, 1997 - 2001)
5. Bendahara Dewan Kesenian Jawa Barat (1999 - 2001)
6. Dewan Kurator Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK, 1999 -2008)
7. Badan Pembina Yayasan Budaya Pasundan, Paguyuban Pasundan (2000 - sekarang)
8. Ketua Umum Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS, 2003 - 2007)
9. Pengawas Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS, 2007 - sekarang)
10. Ketua Umum PS IPI (Persatuan Sepakbola Ikatan Pelajar Indonesia, anggota Persib, 1999 - sekarang)
11. Manager Persib Yunior (2000)
12. Ketua Harian Persib (2002 - 2004)
13. Ketua I Persib Amatir (2004 - 2006)
14. Pengurus Pamitas (Paguyuban Mitra Tasikmalaya), sebuah organisasi yang didirikan oleh orang-orang Tasikmalaya yang ada di Bandung yang sangat peduli terhadap kemajuan/perkembangan Tasikmalaya (2000 - sekarang)

Prestasi dan karyanya :
1. Telah menerbitkan lebih 50 judul buku baik karya sendiri maupun karya bersama, berupa buku pelajaran bahasa Sunda untuk SD dan SMP, kumpulan cerita pendek, dongeng, sajak dan novel. Novel anak-anaknya berjudul “Patepung di Bandung” terpilih sebagai novel terbaik yang terbit pada tahun 1996 serta mendapat anugerah Piala Samsudi dari Yayasan Rancage. Beberapa sajaknya yang terkumpul dalam antologi “Wasiat Konglomerat” telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, serta pernah dibacakan dalam Festival Australasian Student Teater (1999) di Wollongong Australia.
2. Melalui penerbit CV Geger Sunten miliknya, telah menerbitkan buku “Belajar Mudah Baca Tulis Al Qur’an” (karya Dr. Dede Nurzaman, MA), “Atikan Tatakrama Sunda” (karya Drs. R.H. Hidayat Suryalaga), ratusan judul buku bacaan berbahasa Sunda, dan buku pelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi yang bernuansa Islami. Buku yang disebut terakhir adalah khusus dibuat untuk murid sekolah di Kabupaten Tasikmalaya, sebagai kepedulian-nya untuk proses percepatan mencapai tujuan visi dan misi Kabupaten Tasikmalaya sebagai kabupaten yang religius Islami.
2. Mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai pengusaha peduli pendidikan (Juli 2006)


sumber: http://tasikmufakat.com/profil2.html

Artikel ini saya review dari http://nextplanner.wordpress.com/2012/04/19/profile-calon-walikota-tasikmalaya-2012/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan berikan komentar di sini.
Saran dan kritik yang membangun sangat saya hargai.